Banyak orang yang kesulitan menemukan cara bekerja efektif dan efisien untuk tetap produktif selama berlangsungnya waktu kerja.
Namun, sebenarnya hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat persiapan, menentukan fokus, hingga menghindari hal-hal yang mengganggu.
Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tips bekerja efektif dan efisien yang dapat Anda coba. Untuk itu, simak pembahasan berikut sampai selesai!
Pengertian Kerja Efektif dan Efisien
Sebelum membahas mengenai cara bekerja efektif dan efisien, maka Anda perlu memahami dulu pengertiannya.
Kerja efektif dan efisien adalah cara mengerjakan sesuatu yang melibatkan dua metode di dalamnya, yaitu efektif serta efisien.
Efektif sendiri merupakan kondisi di mana pengerjaan atas sesuatu menghasilkan output akhir yang sesuai dengan target.
Bisa dikatakan bahwa efektivitas berkaitan dengan akibat, efek, maupun pengaruh dari dilakukannya suatu kegiatan.
Sementara efisien menekankan pada penggunaan sumber daya untuk mencapai hasil tertentu.
Sumber daya ini bisa berupa waktu, uang, tenaga kerja, dan hal-hal lain yang digunakan untuk mencapai target.
Semakin sedikit sumber daya yang digunakan, maka proses kegiatan akan dinilai semakin efisien.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa bekerja efektif dan efisien adalah cara bekerja yang bisa memenuhi target dengan menggunakan sumber daya seminimal mungkin, dalam hal ini biasanya adalah waktu.
Cara Bekerja Efektif dan Efisien
Setelah memahami definisinya, sekarang Anda dapat mengetahui beberapa tips bekerja efektif dan efisien.
Adapun sejumlah cara kerja yang baik ini bisa Anda praktekkan untuk bekerja efektif dan efisien adalah sebagai berikut:
1. Buat Jadwal
Cara bekerja efektif dan efisien yang pertama adalah dengan membuat jadwal. Dengan jadwal, Anda dapat menentukan dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengerjakan sesuatu.
Misalnya, jika melihat dalam delapan jam bekerja, Anda hanya bisa fokus dan konsentrasi pada tiga jam pertama. Maka Anda bisa menjadwalkan tugas-tugas terpenting di waktu tiga jam pertama tersebut.
Alhasil, Anda dapat meminimalkan gangguan yang bisa menghambat penyelesaian pekerjaan penting tadi.
Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif
2. Gunakan Kalender untuk Mengatur Waktu
Cara bekerja efektif dan efisien yang kedua adalah dengan mengatur waktu menggunakan kalender.
Jika Anda memiliki jadwal padat karena banyak kegiatan rapat atau tuntutan lain di waktu sama, maka akan sulit memenuhi semuanya bila tidak diatur dengan baik.
Oleh karena itu, kehadiran kalender dapat membantu Anda menentukan pembagian waktu dan lebih fokus dalam melakukan pekerjaan.
3. Prioritaskan Tugas
Cara bekerja efektif dan efisien yang ketiga yaitu dengan membuat prioritas tugas. Prioritas ini dapat Anda buat dengan mengelompokkan tugas berdasarkan tingkat kepentingannya, misalnya seperti “paling mendesak”, “kurang mendesak”, dan “tidak mendesak”.
Pembuatan prioritas tugas tersebut dapat membantu Anda memutuskan bagaimana menentukan jadwal yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan.
Dengan demikian, pekerjaan yang tergolong sangat penting bisa diselesaikan tanpa terganggu hal lain.
4. Gunakan Daftar Tugas yang Singkat
Tips bekerja efektif dan efisien berikutnya yakni dengan menggunakan daftar tugas yang singkat. Mengapa demikian?
Sebab, dengan daftar tugas yang singkat, Anda tidak perlu merasa kewalahan harus menyelesaikan banyak pekerjaan.
Cobalah dengan menyertakan beberapa pekerjaan terpenting yang harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga Anda bisa lebih fokus dan nantinya memiliki banyak sisa waktu untuk mengurus hal-hal lain.
5. Istirahat Sejenak
Tahukah Anda bahwa contoh perilaku bekerja efektif dan efisien adalah mengambil waktu istirahat di tengah-tengah kesibukan?
Waktu istirahat ini diperlukan agar Anda bisa menghilangkan stres sehingga pemikiran menjadi lebih tajam dan meningkatkan kreativitas [1].
Hasilnya, Anda pun bisa bekerja dengan lebih produktif, kreatif, dan tidak merasa tertekan.
6. Berkomunikasi dengan Baik
Tips bekerja efektif dan efisien selanjutnya adalah berkomunikasi dengan baik kepada rekan kerja Anda.
Tentunya hal ini sangat penting agar terhindar dari miskomunikasi yang dapat menghambat pekerjaan.
Anda bisa berdiskusi, bertanya, maupun membuat persetujuan bersama agar tidak ada kesalahan dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Baca juga: 9 Gerakan Olahraga di Kantor Tuk Atasi Badan Pegal dan Kaku
7. Persiapkan untuk Hari Berikutnya
Cara menjadi pekerja yang efektif dan efisien juga bisa Anda lakukan dengan membuat persiapan untuk hari berikutnya.
Pasalnya, persiapan yang dilakukan di hari H kerja dapat memakan waktu. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Anda membuat persiapan di hari sebelumnya.
Tak perlu banyak-banyak, Anda bisa mulai dengan menyiapkan hal-hal kecil seperti mengurutkan dokumen yang perlu dikerjakan esok hari, memastikan alat-alat yang diperlukan sudah tersedia di atas meja, dan lain-lain.
8. Tetap Disiplin dan Konsisten
Jika ingin menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien, maka Anda wajib bersikap disiplin dan konsisten.
Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur dari aplikasi manajemen waktu yang sudah banyak tersedia di internet guna membantu Anda tetap disiplin dan menjaga konsistensi.
Percayalah, seiring berjalannya waktu, Anda pun akan terbiasa dengan aktivitas ini. Sehingga, pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan efektif dan efisien.
9. Hindari Gangguan
Menghindari gangguan atau distraksi bisa membuat Anda bekerja dengan lebih efektif dan efisien sehingga tugas dapat terselesaikan dengan baik.
Dalam hal ini, gangguan adalah hal yang membuat Anda sulit fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.
Misalnya, jika gangguan Anda adalah gawai pribadi, maka sebaiknya simpan barang tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan Anda sampai pekerjaan selesai.
Cobalah untuk mulai mencari tahu apa saja yang mengganggu fokus Anda dalam bekerja. Kemudian, tentukanlah strategi yang tepat agar hal tersebut tidak menghambat Anda.
10. Tandai Kemajuan yang Dicapai
Cara bekerja efektif dan efisien yang terakhir yaitu dengan menandai kemajuan apa saja yang sudah Anda capai dalam bekerja.
Langkahnya sangatlah sederhana, Anda bisa melakukan hal ini hanya dengan mencoret tugas dalam daftar yang sudah berhasil diselesaikan.
Dengan demikian, Anda akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lainnya dalam satu hari.
Itu tadi beberapa contoh efektif dan efisien dalam bekerja hingga cara bekerja efektif dan efisien yang dapat Anda coba. Tak dapat dipungkiri jika dalam bekerja kita tentunya membutuhkan strategi tersendiri untuk membuat diri tetap fokus dan berkonsentrasi.
Dalam hal ini, selain dengan menerapkan tips-tips di atas, pastikan juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta menyiapkan #AQUADULU untuk bantuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
Anda bisa menyediakan AQUA 600 ml yang bisa dibawa kemana-mana, tak terkecuali saat bekerja.
Selain praktis, AQUA 600 ml juga telah teruji secara klinis sehingga kemurnian mineral yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.
Sekarang, Anda sudah siap bekerja lebih produktif, kan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!
Baca juga: 7 Cara Mengatasi Burnout Akibat Pekerjaan dan Cirinya
Referensi:
- How to Take a Break from Work (and Why You Need To) - Buka